Mengetahui Jenis Wheel Loader di Indonesia

Posted on

Wheel Loader bekerja dengan mengguanakan sistem hidrolik. Penggunaan tenaga hidrolik memiliki daya atau tenaga yang sangat besar, sehingga bisa memungkinkan untuk mengeruk, mengangkut material atau benda yang berukuran besar dan sangat efisien untuk digunakan di daerah kering, permukaan tanah yang rata, dan keras. Bucket wheel loader biasanya lebih besar daripada excavator sehingga produktivitasnya lebih tinggi.

Sebelum memilih jenis alat berat ini, konsumen terlebih dahulu perlu mengetahui jenis Wheel Loaderagar dapat menggunakan loader tepat sasaran atau sesuai dengan kebutuhan pekerjaan yang sedang dilakukan. Di Indonesia terdapat beberapa jenis wheel loader yang sering dijumpaidan digunakan untuk proyek konstruksi. Berdasarkan jenis pekerjaan yang bisa dilakukan alat berat ini dikelompokkan menjadi beberapa seperti wheel loader, wheel dozer, trash compactor, trash loader, backhoe loader, dan towing tractors. Jenis- jenis wheel loader tersebut memiliki peranan dan fungsi yang berbeda dengan kapasitas muat dan tenaga yang ada pada masing- masing tipe.

Wheel Loader Caterpillar

Wheel Loader Caterpillar memiliki berbagai jenis unit dengan variasi yang sangat luas penggunaannya untuk digunakan sesuai dengan fungsi yang dibutuhkan dalam penyelesaian pekerjaan seperti konstruksi jalan, rumah, bendungan, penanganan palet, port, ekstraksi pasir dan kerikil, dan sebagainya. Unit Cat dapat bekerja dengan sangat efisien bahkan Toolcarrier terpadunya dapat mengoperasikan berbagai alat dengan quick coupler integral untuk penggantian alat dengan cepat hanya dalam waktu 30 detik.

Caterpillar mengelompokkan Wheel Loadernya dalam tiga grup utama yaitu compact wheel loader, wheel loader sedang, dan wheel loader besar. Ketiganya dibedakan berdasarkan kapasitas serok dan tenaga maksimal yang dapat dihasilkan oleh permesinannya.

Spesifikasi Wheel Loader Caterpillar

Untuk mengetahui sejauh mana kemampuan Wheel Loader ini dalam mengerjakan tugasnya, maka konsumen perlu melihat spesifikasi Wheel Loader Caterpillar secara detail.

Seperti pada model Cat Wheel Loader 950 GC dipasang dengan engine Cat C7.1 yang memenuhi standar emisi Stage IIIA (Tier 3) dan dilengkapi sistem injeksi bahan bakar yang dirancang secara khusus untuk bahan bakar yang mudah diaplikasikan. Sistem Manajemen Idle Engine (EIMS, Engine Idle Management System) meminimalkan penggunaan bahan bakar dengan mengurangi rpm engine setelah durasi waktu tertentu.

Memiliki bucket tipe seri performance dengan bentuk yang optimal, lantai yang lebih panjang, dengan faktor pengisian yang tinggi.  Bucket ini dapat memat lebih banyak dan lebih mudah dengan siklus lebih singkat sehingga peningkatan produksi lebih efisien.

Wheel Loader Komatsu

Komatsu memiliki berbagai varian jenis Wheel Loader yang dapat digunakan oleh para konsumennya sesuai dengan kebutuhan pekerjaan yang akan dilakukan. Pabrikan dari Jepang ini menyediakan kedua jenis wheel loader baik standard dan variasi toolcarrier serta pilihan lainnya. Varian tersebut terdiri dari mesin dengan utilitas ringkas, pemuat permukaan material tambang yang keras, hingga pemuat penambangan dengan penggerak mekanis yang besar.

Wheel loader Komatsu memiliki keunggulan dalam konsumsi bahan bakar yang rendah sejalan dengan biaya operasional yang efisien namun dengan tetap menjamin kualitas unit dengan mutu terbaik dan kemudahan dalam pengoperasian.

Spesifikasi Wheel Loader Komatsu

Untuk mengetahui sejauh mana kemampuan Wheel Loader miliki Komatsu maka konsumen perlu mengetahui spesifikasi Wheel Loader Komatsu yang ada di dalamnya. Seperti contoh adalah Komatsu tipe WA 150-5 dengan spesifikasi SAA4D102E-2 turbocharged udara-ke-udara mesin diesel aftercooled menyediakan output baru 71 kW / 96 HP untuk WA150-5. Konsumsi bahan bakar berkurang hingga 10% karena mesin torsi tinggi dan Transmisi Hidrostatik (HST) dengan efisiensi maksimum dalam kisaran kecepatan rendah. Pada seri ini HST dikontrol secara otomatik sehingga respon perjalanan cepat dan dorongan agresif ke muatan. Sistem perpindahan variabel secara otomatis menyesuaikan dengan permintaan upaya traktif untuk memberikan daya dan efisiensi maksimum.

Peran Loader tentu sangat penting untuk kelancaran pekerjaan pada proyek- proyek konstruksi. Dengan penggunaan wheel loader tentu pekerjaan akan lebih efisien dan maksimal. Untuk mendapatkan alat berat wheel laoder, konsumen bisa menyewanya di Sewa Wheel Loader Jogja dan dapatkan harga terbaik.